Tuesday, December 27, 2016

Resensi Buku: Membungkam Malam Menanti Fajar


JUDUL: MEMBUNGKAM MALAM MENANTI FAJAR
KARYA: FENNI WARDHIATI
GENRE: FIKSI
PENERBIT: DE TEENS
TEBAL: 203 HALAMAN
TAHUN TERBIT: 2016
HARGA: RP 40.000

Sinopsis: Tubuhku sangat lemah. Keringat masih membanjiri seluruh tubuh. Aku paksakan untuk bangun. Perlahan-lahan tapi pasti. Berhasil. Aku dapat berdiri tegak, walaupun kedua tanganku masih menutup telinga. Namun saat suara itu datang kembali, spontan aku berjongkok. Kedua tanganku berpindah ke atas kepala.sakitnya gendang telingaku. Fajar Nur Zaman.

Resensi: Buku ini bercerita tentang seorang pemuda yang rajin ibadah juga aktif pada kegiatan remaja masjid. Dia memiliki lima sahabat setia juga saling mengingatkan bila ada salah. Mereka adalah Aan, Fuad, David , Maksim dan Dian. Secara konsep cerita, buku ini sangat unik karena punya peraturan yang jika dilanggar bisa membuat pelaku langsung terkena hukuman.

Dari segi sudut pandang yang disajikan penulis tidak membuat bosan pembaca karena memakai sudut pandang pertama untuk tokoh utama dan sudut pandang ketiga untuk tokoh lainnya. Buku ini juga kental dengan nuansa islami karena latar belakang Fajar sebagai tokoh utama adalah ketua remaja masjid.

Tetapi, sebuah karya tentu mempunyai kekurangan. Kurangnya tingkat ketegangan yang menguras emosi pembaca, karakterisasi yang kurang kuat, seperti hanya disebutkan band kesukaannya, tidak dengan lagu yang didengarkannya dan tidak adanya penggalan lirik lagu yang sedang didengarkan, dan ketika Aan naik ke panggung tidak melakukan open mic untuk berstand up comedy.

2 comments:

Fenni Bungsu said...

Hai..hai.., makasi resensinya.
Btw, sahabat fajar nur zaman, kurang 1 yaitu Dian Muhammad.
Nama pengarangnya kurang huruf 'N' harusnya "Fenni"

Semoga bermanfaat
#SemangatCiee

Dipa Wijaya said...

sama-sama loh ka
senang resensinya dibaca langsung sama penulisnya. oh iya aku lupa kalo sahabatnya fajar itu kurang satu yaitu si Dian Muhammad. maaf juga kalo resensinya masih kurang karena aku juga pertama kali menulis resensi buku.

sukses ya ka! :)